Membuka Bisnis Katering Untuk Pemula, Intip Langkahnya

Ada banyak orang yang ingin berkecimpung dalam bisnis kuliner. Namun tidak sedikit dari mereka yang merasa bingung dengan bisnis kuliner yang akan dijalankan. Salah satu bisnis kuliner yang direkomendasikan untuk pemula adalah katering. Bisnis katering untuk pemula memang lebih menjanjikan dan memberikan peluang yang besar.

Bagi seorang pemula yang baru pertama kali memulai bisnis pastinya akan merasa bingung dengan bisnis yang dijalankan. Oleh karena itu, setiap pemula harus mengetahui beberapa hal dalam memulai sebuah bisnis. Terutama untuk bisnis makanan yang kini sudah digeluti banyak orang.

 

Langkah Membuka Bisnis Katering Untuk Pemula

Seorang pemula yang ingin membuka bisnis harus memiliki pengetahuan dan kemauan yang tinggi. Sebab, membuka bisnis bukanlah sebuah permainan yang hanya dimainkan sementara. Bisnis dapat terus berjalan jika dikembangkan dengan baik dan benar.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam memulai sebuah bisnis. Tidak hanya untuk bisnis kuliner tetapi juga bisnis yang lainnya. Bagi anda yang ingin membuka bisnis katering, berikut ini beberapa langkah yang bisa digunakan ketika membuka sebuah bisnis katering.

Mempelajari Hal yang Berkaitan Dengan Bisnis Katering

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mempelajari seluk beluk mengenai bisnis katering. Pengetahuan dan pengalaman sangat penting untuk membuka bisnis katering untuk pemula. Sebab, pengetahuan dan pengalaman dapat digunakan sebagai ilmu tambahan.

Anda bisa mencari pengalaman dengan bekerja di sebuah perusahaan katering. Anda juga bisa menjadi sukarelawan dalam acara katering keluarga. Dengan begitu, anda bisa menambah pengalaman dan juga pengetahuan mengenai bisnis dan kegiatan katering.

Menentukan Menu Apa yang Akan Ditawarkan

Langkah kedua untuk membuka bisnis katering pemula adalah dengan menentukan menu apa yang akan ditawarkan. Seperti yang diketahui bahwa ada banyak jenis katering namun terlepas dari itu semua, anda bisa menentukan menu apa yang akan ditawarkan.

Anda bisa menentukan menu andalan yang akan menjadi ikon pada produk katering. Dengan begitu, akan banyak orang yang lebih tertarik dengan produk yang anda pasarkan. Sehingga tidak akan sama dengan yang lainnya.

Mempelajari Perihal Logistik Katering

Langkah selanjutnya dalam membuka usah katering untuk pemula adalah dengan mempelajari perihal logistik katering. Ada banyak hal yang perlu dipelajari mengenai logistik.

Diantaranya adalah bahan baku dan transportasi. Keduanya sangat penting untuk dipelajari jika anda ingin membuka bisnis katering. Pastinya anda tidak ingin kekurangan bahan baku sehingga perlu memilih supplier yang terpercaya.

Kemudian perihal logistik transportasi yang akan digunakan. Anda harus memiliki kendaraan tersendiri untuk memudahkan ketika pengiriman pesanan. Dengan begitu, kebutuhan pengiriman katering akan lebih cepat dan nyaman.

Marketing Katering

Langkah terakhir yang bisa digunakan adalah dengan memperhatikan strategi marketing Pemasaran produk memang sangat penting sehingga harus dilakukan sebagus dan sedetail mungkin. Tidak hanya itu saja, marketing juga harus dilakukan dengan menarik.

Anda bisa memperlihatkan menu katering yang dibuat, porsi, dan harganya. Bila perlu anda juga harus mencantumkan kelebihan dan keuntungan yang bisa didapatkan. Akan lebih menarik jika anda menyematkan promo bagi pelanggan.

Seperti yang diketahui bahwa ada banyak orang yang tidak ingin melewatkan promo.  Namun jangan jadikan promo sebagai kekuatan utama. Hal yang terpenting adalah kualitas katering kemudian kualitas menu  dan rasanya.

Beberapa langkah diatas dapat dijadikan referensi ketika membuka katering untuk pemula. Cara diatas memang praktis dan bisa dijadikan tips andalan.

Tag : Catering
Back To Top